admin admin Author
Title: Ducati Memang Motor Mahal, Ganti Busi Saja Rp2,4 Juta
Author: admin
Rating 5 of 5 Des:
Harianpadang.com-Biaya servis besar sepertinya sudah menjadi risiko yang mesti ditanggung para pemilik sepeda motor gede sekelas Ducati....
Harianpadang.com-Biaya servis besar sepertinya sudah menjadi risiko yang mesti ditanggung para pemilik sepeda motor gede sekelas Ducati. Sebab, biaya perawatan tiap kilometer yang ditempuhnya memang mahal, sebanding dengan apa yang ditawarkannya.
Kali ini VIVA.co.id akan mencari tahu berapa biaya untuk sekali servis motor gede asal pabrikan Italia itu. Informasi didapat dari Workshop Manager Ducati Indonesia, Rahadi Wibowo. Dia kemudian bersedia menjelaskan rincian biaya servisnya mulai dari 1.000 kilometer, di mana angka itu menjadi patokan servis pertama sampai biaya servis selanjutnya.

Dijelaskan Rahadi, biaya servis tiap model pasti berbeda. Untuk jasa servis pada 1.000 kilometer pertama masih gratis, karena bagian dari bonus pembelian. Sementara di servis kedua, yakni 10.000 atau 12.000 km dan selanjutnya, biaya jasanya dihitung per jam.
"Misalnya Multistrada, waktu paling cepat untuk jasa servis motor itu 1,8 jam, dan paling lama itu ada yang sampai 3,3 jam. Kami menerapkan biaya (jasa) per jam di Indonesia yakni Rp550 ribu. Jadi tinggal dikalikan saja," ujarnya.
Sementara untuk biaya suku cadang untuk servis 1.000 km, dibanderol mulai dari Rp760 ribu sampai Rp1,14 juta. Biaya itu meliputi melakukan penggantian filter oli dan oli. Pada servis di 12.000 kilometer, biaya jasanya jika dikalikan per jam mulai dari Rp770 ribu sampai Rp1,8 juta. Bicara suku cadang, mulai dari Rp760 ribu sampai Rp3 juta.
"Kenapa bisa sampai Rp3 juta? Karena di 12.000 km sudah mengganti busi, dan harga busi satunya saja Rp600 ribu. Pada motor Ducati itu ada yang dua busi dan empat busi, jadi sudah Rp2,4 juta sendiri. Selain itu filter oli mesti diganti, cek timing belt, dan bersihkan filter udara," kata dia.

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top